Leadership in House Training

 

بِسْـــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

السلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول اللّٰه وعلى آله وصحبه أجمعين


PELATIHAN KEPALA SEKOLAH

(KEPSEK TK - USTADZAH DESI LINDA)


Disusun oleh Sekretaris.


Berikut kegiatan atau pelatihan khusus untuk Kepala Sekolah yang diikuti oleh Kepala Sekolah TK-IT Luqmanul Hakim yaitu Ustadzah Linda selama 2 hari (10-11 Februari 2021).

Semoga ilmu yang didapatkan oleh beliau dapat diterapkan di Sekolah Luqmanul Hakim, khususnya di TK-IT Luqmanul Hakim yang dipimpinnya. Dan semoga ustadzah Desi Linda diharapkan dapat menjadi seorang pemimpin yang dapat ditauladani oleh para guru dan staf yang ada di lingkungan Sekolah Luqmanul Hakim pada umumnya dan terkhusus di TK-IT dan semoga ilmunya dapat bermafaat bagi kemajuan sekolah Luqmanul Hakim.

Di sini kami akan berusaha menshare ilmu yang di dapat oleh ustadzah Desi Linda selama pelatihan kepada seluruh Jajaran Staf dan Guru yang ada yang di Sekolah Luqmanul Hakim dan juga untuk Yayasan Sabilurrasyaad Deli Serdang.

Semoga Bermanfaat.


Kepala Sekolah TK-IT Luqmanul Hakim, Desi Linda.





MATERI

LEADERSHIP IN HOUSE TRAINING

























































TANYA JAWAB

1. Bagaimana cara menimbulkan percaya diri untuk tampil di depan umum atau di depan orang
banyak?

  • Jalan satu-satunya adalah berlatih. Mulailah berlatih berbicara didepan orang yang sedikit dan nyaman, setelah nyaman mulai berbicara didepan lebih banyak orang.
  • Siapkan materi dengan matang (tentukan topik pembicaraan, Semakin kitamenguasai materi maka semakin baik kita berbicara didepan orang)
  • Niatkan didalam hati bahwa apa yang kita sampaikan adalah kebenaran dengan semangat bekrbagi.

 

2. Tahap-tahap prosedur penerimaan siswa dan tahap-tahap penerimaan guru baru?


Tahap-tahap penerimaan guru :

  • Seleksi berkas.(cari guru yang tempat tinggalnya di sekitar Lembaga, lihatpengalaman sesuaikan dengan posisi jabatan guru)
  • Wawancara
o Siapkan tatatertib dan peraturan guru
o Siapkan kompensasi atau gaji yang diterima
o Buat daftar kompetensi atau kemampuan guru ( jika kedua belah pihaksepakat. Lanjutkan ketahap training.)

Tahap Penerimaan Siswa Baru

  • Siapkan tata tertib dan peraturan siswa.
  • Siapkan surat pernyataan dari orang tua (mengikuti seluruh peraturan di sekolah).
  • Wawancara calon orangtua dan observasi calon siswa ( sesuaikan dengan kompetensi yang ingin dicapai lembanga. Contoh : sudah bisa mengenal huruf atau toilet training.

 

3. Bagaimana cara agar saya suka baca karena saya tidak baca, lebih suka praktek dan mendengar?


Mulai dengan membaca sesuatu yang ingin diketahui. Contoh : ingin memasak,
membaca buku tentang resep masakan. Karena membaca adalah pemuasan kebutuhan untuk memuaskan rasa ingin tahu.


4. Cara menumbuhkan percaya diri wali murid untuk sekolah dan cara supaya tidak baper?


Kepercayaan wali murid akan tumbuh seiring dengan meningkatnya kemampuan
dan kompetensi anak murid ( kualitas sekolah ). Misalnya: dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang belum bisa menjadi bisa, sehingga ada rasa bangga dari orang tua atas keberhasilan pencapaian anaknya.


Tips untuk tidak baper adalah :

  • Menempatkan setiap masalah pada porsinya masing-masing (karena tidak semua masalah itu tentang diri kita) contoh: ketika ada orang tua yang komplen tentang pembelajaran anak, maka tempatkanlah masalah tersebut, sebagai masalah Lembaga yang perlu dicari jalan keluarnya bersama-sama. Bukan hanya masalah kepala sekolah saja.

 

5. Bagaimana cara komunikasi yang baik kepada guru yang lebih tua?


Tujuan komunikasi adalah tersampainya pesan dari pembicara kepada pendengar
dengan baik. Sebelum menyampaikan pesan perlu disampaikan alasan dari pesan tersebut. Sebagai seorang atasan mengikuti tata krama dan sopan santun itu sudah cukup untuk menjalin komunikasi dengan bawahan, baik dengan dengan seumuran atau yang sudah tua.


6. Bagaimana agar bisa sejalan dalam mencapai tujuan dengan Yayasan dan guru-guru sehingga menciptakan kualitas sekolah yang tinggi?


Kepala sekolah yang berada dibawah Yayasan harus melakukan koordinasi yang
terbuka dan lancer sebelum menyampaikan tujuan organisasi kepada bawahan.
Pemahaman akan tujuan organisasi harus benar-benar dipastikan kepada Yayasan sebelum menyusun strategi pelaksanaan kepada bawahan. Komunikasi yang lancar adalah kunci dari keberhasilan pencapaian tujuan organisasi ( dengan tetap menjalakankan fungsi manajer : planning, organizing, Aktuating dan kontrolling )


7. Bagaimana cara meningkatkan mutu guru agar bisa disiplin?


Harus dibuat Standar Operasional Prosedur (SOP yang jelas) dilanjutkan dengan
supervisi atau pengawasan dengan memberikan penguatan-penguatan prilaku, misalnya dengan memilih guru teladan setiap bulan.


8. Bagaimana cara untuk menjadi manusia yang dapat memimpin dan dapat dipimpin?


Sebelum bisa menajadi pemimpin yang baik seseorang harus memiliki pengalaman menjadi pengikut yang baik, pengikut yang baik memberikan kepercayaan kepada atasannya dengan cara melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Pengalaman sebagai pengikut yang baik adalah bekal ketika seseorang ada diposisi pemimpin. Hal tersebut akan memudahkan seorang pemimpin melakukan fungsi manajemen (planning, organizing, Aktuating dan kontrolling) saat memimpin bawahannya.


9. Bagaimana cara kita bisa lebih mengenal sifat oranglain yang tidak senang dengan diri kita?


Hukum alam hidup didunia adalah ketika kita disukai oleh satu orang saat bersamaan kita dibenci oleh 5 orang. Fokus pada kebaikan-kebaikan yang bisa kita berikan kepada orang lain. Karena kebaikan itu adalah energi yang akan menarik orang-orang baik.


10. Bagaimana cara seorang kepala sekolah merangkul guru dan orangtua siswa?


Cara merangkul guru adalah dengan mengenal dan memahami karakter guru-guru yang dipimpin. Pujilah guru didepan orang banyak namun keritiklah ketika lagi berdua, fokus pada kelebihan-kelebihan guru dan berikan mereka kepercayaan untuk menunjukan kelebihannya didepan teman-temannya. Contoh : guru yang pintar berbicara pilih menjadi MC, Guru yang punya jiwa kepemimpinan atau manajerial yang bagus pilih jadi ketua panitia dsb. Lakukan
pendekatan dari hati kepada seluruh bawahan ( dibesuk ketika sakit, diberikan selamat ketika menikah dll).

Untuk merangkul orangtua libatkan orang tua untuk kegiatan sekolah Bersama, contoh: belajar mengaji bersama guru, bakti sosial ke panti asuhan Bersama anak dll. Orang tua bisa dimintai pendapat sebelum sekolah menyusun program.


11. Apa standart sekolah untuk merekrut guru?


Standart sekolah untuk merekrut guru adalah standart kelulusan yang ingin dicapai sekolah misalnya : standart lulusan adalah murid bisa membaca Al-Qur’an maka cari guru bisa membaca AL-Qur’an dengan baik. Tidak ada guru yang ideal, sekolah harus memberikan pelatihan-pelatihan tambahan ketika guru direkrut sebagai bagian dari sekolah. Guru yang paling tepat adalah guru yang mau belajar.


12. Bagaimana menyikapi sesuatu yang kita rasa itu adalah beban bagi kita ?
 

Tidak ada masalah yang tidak ada jawabannya. Beban akan semakin berat jika ditumpuk. Mulailah dengan mengurai masalah satu-persatu, selanjutnya tuliskan kekhawatiran-kekhawatiran sebagai efek dari masalah, kemudian urutkan berdasarkan skala prioritas dari yang paling mudah diselesaikan sampai yang tersulit. Dan mulailah fokus pada solusi permasalahan dari skala priorotas satu persatu. Rasa percaya diri akan tumbuh seiring dengan kita menyelesaikan masalah dari yang termudah. Semua masalah akan ditemukan jawabannya ketika dihadapi bukan lari, jika tidak kita yang menyelesaikan maka waktu yang akan menjawabnya.
 

13. Bagaimana menyikapi guru yang kita rasa susah diatur?
 

Kembalikan kepada peraturan dan tata tertib guru serta SOP yang disusun oleh Lembaga, lakukan supervisi sesuai dengan tata tertib, peraturan dan SOP tersebut. Dan lakukan pembinaan untuk hal-hal yang kurang. Jika pembinaan tidak dapat dilakukan kembali tanyakan tentang komitmen sebagai guru dilembaga kita.
 

14. Bagaimana cara ibu mensinkronkan antara berpikir cepat dengan berbicara cepat?


Bebicara dan berfikir adalah keterampilan, semua keterampilan bisa dilatih, jika kita memahami materi maka kita akan mudah menyampaikannya. Sering-sering berlatih.


15. Bagaimana cara ibu mengatasi pikiran cepat yang kadang selalu terpikirkan walau tidak penting? 


Pikiran yang bercabang ketika kita melakukan suatu hal itu wajar. Untuk bisa fokus dan kosentarsi pada satu hal biasakan untuk membuat time line atau waktu pengerjaan. Tanamkan niat untuk mengerjakan satu hal tertentu sampai selesai sesuai dengan waktu yang kita tentukan (untuk kosentrasi awal manusia 15-30 menit, lakukan break diselah-sela waktu tersebut untuk melakukan pekerjaan berikutnya).

 

16. Bagaimana cara supaya kita bisa percaya diri menjadi pemimpin yang baik?


Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang membawa kesejahteraan semua bawahannya untuk mencapai tujuan Bersama. Bukan kepentingan pribadi untuk dianggap berhasil atau dinilai baik oleh orang lain. Pemimpin yang baik tau kondisi bawahannya dilapangan, kapan perlu memberikan motivasi, kapan perlu memberikan contoh, kapan perlu memberikan kosekuensi.


17. Pemimpin yang baik melahirkan pemimpin yang baik, mengendalikan diri agar percaya pemimpin yang dilahirkan adalah baik?


Untuk melahirkan pemimpin yang baik seorang pemimpin harus memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada bahawannya untuk menjadi versi terbaik dari diri bawahannya tersebut.


18. Bagaimana cara mengatasi masalah yang timbul dari keluarga, yang selalu, mengganggap kita tidak mampu untuk menjadi pemimpin?


Membuktikan apapun harus dengan tindakan nyata, mulailah dengan menyelesaikan permasalah termudah dan terdekat yang kita bisa selesaikan satu-persatu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENERIMAAN SISWA BARU TA 2021-2022

SENI MENDIDIK ANAK USIA DINI

RAPAT SD-IT 03 APRIL 2021